Wisata Edukasi Green Industry bersama Semen Indonesia

Wisata Edukasi Green Industry bersama Semen Indonesia

Semen Indonesia (100)

29 November 2015

28 November 2015 Semen Indonesia mengadakan acara Wisata Edukasi Green Industri (WEGI). Acara ini diikuti oleh penggiat lingkungan dari beberapa daerah se Jawa Bali. Mulai dari Jakarta, Depok, hingga Bali ikut serta acara ini. Mulai dari Mahasiswa sampai orang tua pun juga ikut dalam acara ini. Ada yang dari Universaitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UPN “Veteran” Jawa Timur. Kebetulan santri Pesma Al Iqbal yang ditugasi menjadi Panitia acara ini adalah Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kunjungan pertama dilakukan di Gresik tepatnya di Pabrik Semen Gresik. Peserta di edukasi tentang paving yang ramah lingkungan. Paving yang bisa menyerap air dengan kadar serapan 300 liter/menit per meter kubik.

Pengenalan Paving Serap Air

Pengenalan Paving Serap Air

Kunjungan kedua yaitu ke tempat pembuangan sampah dimana Semen Indonesia memanfaatkan samapah dan mengolahnya sebagai pupuk kompos dan bahan bakar pengganti batu bara. Walau cuacanya panas namun para peserta tetap semangat mengikuti acara demi acara.

Semen Indonesia (39)

Tempat Pembuatan Bahan Bakar Pengganti Batu Bara

Kunjungan selanjutnya adalah menuju Pabrik Semen Di Tuban Jawa Timur. Para peserta dipersilahkan untuk makan siang dahulu kemudian menunaikan sholat bagi yang beragama Islam. Setelah itu peserta dipersilahkan menuju Gedung yang dipersiapkan untuk seminar. Peserta diedukasi tentang pembuatan semen dan bagaimana cara Semen Indonesia menjalankan industri selama 15 Tahun di Tuban tanpa mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Semen Indonesia (49)Semen Indonesia (93)

Bahkan Semen Indonesia membantu para penduduk untuk lebih produktif. Pengerukan yang dilakukan Semen Indonesia dijadikan Waduk untuk mengairi sawah penduduk sehingga panen penduduk menjadi bertambah yang asalnya sekali dalam setahun sekarang menjadi 3 kali dalam setahun. Dengan adanya waduk tersebut, warga bisa memanfaatkannya sebagai tempat bududaya ikan.

Lahan Pertanian Penduduk

Lahan Pertanian Penduduk

Waduk

Waduk

Pabrik semendi Tuban

Pabrik semendi Tuban

Acara pun berakhir ketika petang tiba dan peserta di persilahkan untuk makan malam serta sholat maghrib. Acara selesai dan peserta pulang ke tempat tinggalnya masing-masing.

Pecinta Lingkungan

Pecinta Lingkungan

Pak Novi

Pak Novi

Divisi Dokumentasi

Divisi Dokumentasi

Divisi Website

Divisi Website

Mas Agus

Mas Agus