Kultum : M. Dzikrullah

Kultum (2)

28 November 2015

 

Kali ini M. Dzikrullah mendapatkan giliran untuk mengisi kultum di Pesma Al Iqbal yang bertujuan untuk melatih santri-santrinya berbicara didepan umum (public speaking). Setiap santri akan mendapatkan giliran untuk memberikan kultum sesudah Sholat Subuh. Kegiatan ini akan rutin dijalankan 2 hari sekali.

Kultum (1)

Tema yang dijelaskan olehnya adalah tentang Taqwa.

Taqwa dalam bahasa Arab berarti memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya; tidak cukup diartikan dengan takut saja. Adapun arti lain dari taqwa adalah:

1. Melaksanakan segala perintah Allah

2. Menjauhkan diri dari segala yang dilarang Allah (haram)

3. Ridho (menerima dan ikhlas) dengan hukum-hukum dan ketentuan Allah

Taqwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara. “memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk allah” Adapun dari asal bahasa arab quraish taqwa lebih dekat dengan kata waqa Waqa bermakna melindungi sesuatu, memelihara dan melindunginya dari berbagai hal yang membahayakan dan merugikan. Itulah maka, ketika seekor kuda melakukan langkahnya dengan sangat hati-hati, baik karena tidak adanya tapal kuda, atau karena adanya luka-luka atau adanya rasa sakit atau tanahnya yang sangat kasar, orang-orang Arab biasa mengatakan Waqal Farso Minul Hafa (Taj).

Dari kata waqa ini taqwa bisa di artikan berusaha memelihara dari ketentuan allah dan melindungi diri dari dosa/larangan allah. bisa juga diartikan berhati hati dalam menjalani hidup sesuai petunjuk allah.

Demikian sekelumit kultum yang dijelaskan oleh santri kita M. Dzikrullah. Semoga bermanfaat.